rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Senin, 25 Mei 2009

Cara Membuka File .ODT di Microsoft Office 2003

Malam kemarin Istri saya mendapatkan email dari koleganya, setelah di download ternyata ekstensinya .ODT. Setelah di simpan di hard drive, dari wujud icon-nya, nampaknya unrecognized by any programs. Di coba dibuka di Microsoft Word, muncul pemilihan translator dan hasilnya amburadul, masih tidak terbaca oleh translator apapun.

Kepada siapa saya bertanya? Tentu saja si kacamata internet, alias Google. Beruntung sekali, saya langsung menemukan artikel yang membahasnya. Setelah dibaca sebentar, ternyata kita cuma butuh plugin, yang bisa diunduh gratis, namanya Sun ODF Plugin. Adalah salah satu produk Sun Microsystem, selain OpenOffice.org, MySQL dan produk lain yang bisa Anda simak di sini.

File ini bisa diunduh gratis dengan terlebih dahulu register keanggotaan di website terkait. Ukuran file 70,2 Mb dan terimakasih Telkomsel Flash unlimited atas jasanya, file tersebut telah ter-download tanpa ada kendala.

Selanjutnya tinggal install hingga selesai lalu jalankan Microsoft Office, pilih open dan klik drop down list file extension dan voila, ekstensi .odt telah ditambahkan di situ.


Sekarang Anda bisa membuka file dengan ekstensi .ODT, sebenarnya masih banyak cara lain, untuk itu saya menganjurkan membaca lebih lengkap lagi di source site yang saya ambil yaitu di www.windowsreference.com . Di situ diterangkan pula bagaimana bila menggunakan OS Windows Vista.

New Download link :
http://www.softpedia.com/progDownload/Sun-ODF-Plugin-for-Microsoft-Office-Download-77947.html

Update 19-Sep-10 :
Saya hari ini menyempatkan test dengan Microsoft Word 2007, hasilnya ok, document berhasil ditranslasikan dan dibuka dengan sukses.

Baik sekedar a minute of sharing moment, mari berbagi, mari bereksplorasi.